Senin, 05 Juli 2010

PROPOSAL SKRIPSI STAIBN

PROPOSAL SKRIPSI
PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 2 SLAWI KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL











OLEH :
Nama : SITI KHOLIFAH
NIM :
Jurusan : Pendidikan Agama Islam




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA
TEGAL 2010

A. JUDUL
PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 2 SLAWI KECAMATAN SALWI KABUPATEN BREBES
B. LATAR BELAKANG MASALAH
Berfikir merupakan sesuatu yang abstrak, dengan kita berfikir seseorang diuji secara langsung untuk menyelesaikan masalah demi masalah dan berpengaruh dengan gejala jiwanya. Misalnya pengamatan, tanggapan, ingatan dan lain-lain.
Sebagaimana fikiran kita diumpakan sebagai senjata, bagaimanakah kualitas dari senjata itu, tajam atau tidak? Dan ketajaman atau ketumpulan kemampuan seseorang untuk berfikir terkait erat dalam kecerdasan emosi guna menyelesaikan secara cepqat dan tepat situasi/suatu masalah. Hal ini dapat dicarikan dengan adanya kesanggupan bereaksi dengan kedisiplinan pada diri sendiri untuk mencapai puncak prestasi siswa SMP N 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.
Mengajarkan kecakapan berfikir dengan kecerdasan emosi serta penanaman disiplin dini merupakan upaya pengerucutan masalah yang dihadapi seseorang agar konsep-konsep yang terkait di dalamnya melalui pelatihan, perbandingan dan pendekatan-pendekatan (spisifikasi masalah). Pemahaman intelektual adalah proses amang batas yang diperlukan untuk belajar dan menuntut perombakan yang mengakar dengan budaya disiplin. Pribadi muslim dengan semangat fitrah ilahiyahnya menuju terbinanya manusia dengan berkepribadian muslim dan landasan tauhid yang cukup dan sempurna menuju mardlatillah, sebagian di jelaskan dalam Al-Qur`an surat Ar-Rum ayat 30-31.
         ••             ••       •       
Artinya : “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang Telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta Dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah” (QS. Ar-Ruum : 30-31)

Aspek-aspek dibawah ini mempengeruhi intelegensi (kecerdasan) dan kedisiplinan dalam pencapaian prestasi belajar yang tidak bisa dipisahkan antara lain :
1. Faktor pembawaan dari orang tua dan lingkungan
2. Kematangan dalam perkembangan jasmani umat dan segala kemampuannya
3. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh selama masa perkembangan individi (teori empirisme).
Akan tetapi berdasar pengamatan awal yang penulis lakukan pada siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal memperoleh gambaran bahwa masyarakat sebagian esar tidal teliti dengan intelegensi dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa. Disinilah penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana kontribusi siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal dengan beragai peranannya.



C. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana kondisi kecerdasan emosi (EQ) dan kedisiplinan siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal?
2. Bagaimana pengaruh kecerdasan emosi (EQ) dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa Kelas II SMP 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal?
3. TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengetahui kondisi kecerdasan emosi (EQ) dan kedisiplinan siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal
2. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi (EQ) dan kedisiplinan siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal
D. KERANGKA PEMIKIRAN
Kecerdasan emosi (emotional intelligence) merujuk pada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan pengololaan emosi dengan baik. Kecerdasan emosi mencakup kemampuan yang bereda, tapi saling melengkapi dengan kecerdasan akademik, yaitu kemampuan-kemampuan kognitif murni yang diukur dengan EQ.
Kecerdasan intelektual di dasarkan pada kinerja neokorteks, lapisan yang dalam evolusi berkembang paling akhir di bagian atas otak. Hal ini jika dipadukan dengan kesadaran diri untuk disiplin memiliki realitas keputusan tolak ukur atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat terutama pada usia-usia wajib belajar berdampak positif kepada prstasi belajarnya karena mampu dalam pengaturan dirinya untuk mengukur dan bersikap positif untuk mencapai sasaran serta mempulih kemali dari tekanan emosi.
            •     
Artinya : “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus” (QS. Al-Bayyinah : 5)
E. METODE PENELITIAN
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti dengan menggunakan suatu macam sumber penelitian serta beberapa macam metode yaitu :
1. Field Research
Menurut Sutrisno Hadi : Field Research adalah riset yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala. Penelitian ini digunakan dalam kehidupan sebenarnya artinya suatu metode research langsung dilaksanakan pada lapangan penelitian, metode di gunakan untuk memperoleh data konkrit tentang pengaruh intelegensi dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Dalam hal ini metode-metode yang peneliti gunakan adalah :
a. Metode Observasi
Sutrisno Hadi berpendapat observasi adalah : metode pangumpulan data dan pencatatan-pencatatan fenomena-fenomena yang diseleksi baik secara langsung atau tidak langsung. Metode ini penulis gunakan untuk mengadakan pengamatan pada lokasi penelitian untuk memperoleh gambaran secara obyektif dari pengaruh intelegensi dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.
b. Metode Interview
Menurut Sutrisno Hadi metode interview adalah suatu proses tanggung jawab lisan dalam mana dua orang atau lebih berhadapan secara fisik mendengarkan. Merupakan alat pengumpulan informasi yang langsung tentang beberapa jenis data sosial baik yang terpendam maupun memanifes. Metode ini peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum siswa Kelas II SMP Negeri 2 Slawi Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, keadaan aktifitas belajar siswa, keadaan guru, sarana dan prasarana, sedang guru adalah responden, orang tua muris dan tokoh masyarakat.
c. Metode Angket
Suharsini Arikunto berpendapat “Metode angkat adalah : suatu alat pengumpul informasi dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis juga oleh responden”.
2. Teknik Analisis Data
Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisa dengan menggunakan metode content Analisis (Analisis Isi) dengan menggunakan lengkah-langkah klasifikasi data kemudian di interpretasikan / diterjemahkan dan di deskripsi data (gambaran data).
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif kualitatif. Kualitatif itu tidak dapat di hitung hanya bisa digambarkan yaitu penelitian yang mempunyai tujuan pokok untuk menerangkan yang ada dengan demikian gambaran yang dikembangkan berdasarkan kenyataan empiris yang dapat di pahami perumusan masalah yang ada di lapangan dan untuk memperoleh data ilmiah, penulis gunakan jenis penelitian.
3. Deduktif dan Induktif
Adapun data-data yang telah dikumpulkan (melalui membaca) kemudian dianalisa dengan pendekatan deduktif yaitu “suatu analisa yang bersifat umum untuk di tarik fakta yang bersifat khusus”. Selain itu juga menggunakan pendekatan induktif yaitu “berangkat dari fakta yang konkrit yang khusus kemudian dari fakta tersebut akan ditarik generalisasi yang bersifat umum”
F. SISTEMATIKA SKRIPSI
Halaman Sampul
Halaman Judul
Halaman Pengajuan Skripsi
Halaman Nota Pembimbing
Halaman Pengesahan
Halaman Motto
Halaman Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Balakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Karangka Pemikiran
E. Metode Penelitian
F. Sistematika Penulisan Skripsi
BAB II : LANDASAN TEORI
A. Pengertian Kecerdasan Emosi (EQ)
B. Pengaruhnya Jika Dipadukan Dengan Kedisiplinan
C. Dampak Positif Terhadap Prestasi Belajar Siswa
BAB III : GAMBARAN UMUM SMP NEGERI 2 SLAWI
A. Letak Geografis
B. Sejarah dan Tujuan Berdirinya
C. Sarana dan Prasarana serta Fasilitas
D. Keadaan Guru dan Karyawan serta Siswa SMP Negeri 2 Slawi.
E. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat dalam Dalam Pembinaan Kepribadian Siswa
BAB IV : ANALISIS DATA
A. Usaha-usaha Yang Dilakukan
B. Pengaruh Kecerdasan Emosi (EQ) dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
C. Hasil Yang Diperoleh
BAB V : KESIMPULAN, SARAN-SARAN DAN PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
C. Penutup
Daftar Pustaka
Daftar Riwayat Hidup
Lampiran-Lampiran
Slawi, 10 Juli 2010
Penulis


SITI KHOLIFAH

Pembimbing I Pembimbing II

(……………………..) (……………………..)


DAFTAR PUSTAKA

Hasbi Asshiddiqy, Al-Qur`an dan Terjemahnya, Departeman Agama RI, Pelita III, Jakarta, 1980.
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 1993.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research I, Andi Offset, Jakarta, 1993.
Daniel Goleman, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
Syaikh M. Jamaludin Mahfuzh, Psikologi Anak dan Remaja Muslim, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2007.
Drs. H. Abu Ahmadi, Psikologi Umum, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : SITI KHOLIFAH
Tempat, Tanggal Lahir : Tegal, 20 Oktober 1982
Alamat : Jalan Kali Pemali no 4 Rt 02 /Rw VDukuhsalam.
Pendidikan : 1. SD Dukuhsalam
2. SLTP Negeri Slawi
3. SMA. Negeri Slawi
4. STAIBN tegal tahun masuk 2006.

0 komentar: