Selasa, 19 Mei 2009

Pisang Multi Manfaat

Multi Manfaat
Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan buah pisang, daging buahnya yang lembut dan rasanya manis. Pohon pisang banyak tumbuh di daerah tropis seperti, Asia, Australia, Afrika dan Amerika. Tetapi mungkin masih sedikit diantara kita yang mau belajar dari pohon pisang tersebut.
Falsafah pohon pisang dipakai oleh PT Panasonic Gobel Indonesia untuk menggerakkan Sumberdaya manusianya sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, baik dalam sekala nasional maupun internasional.
Falsafah ini di kemukakan oleh Thayeb Mohammad Gobel, yaitu pendiri PT. Panasonic Gobel Indonesia (dulu PT. Nasional Gobel) pada tahun 1954.

Pohon pisang merupakan pohon yang setiap bagianya dapat memberikan manfaat kepada manusia.

>Umbinya dapat dibuat
makanan ringan/keripik,
>Batangnya dapat dibuat
rakit, menancapkan


wayang kulit, membuat janur, membuat tali, dan beragam kerajinan tangan.

>Pelepah daun dapat dibuat mainan anak-anak,
>Buah dapat dimakan oleh siapa saja, dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat baik. Bila buahnya masih mentah dapat dijadikan keripik.
>Daunnya dapat dipakai untuk bungkus nasi pecel, bungkil, botok, nogosari dan sebagainya.
>Jantungnya dapat dibuat sayur
>Bahkan kulit buahnya dapat dimakan kambing.


Pohon pisang sebelum menghasilkan buah, bila dipotong, maka akan tumbuh lagi sampai menghasilkan buah. Pohon pisang memiliki kemampuan hidup (life survival) yang sangat besar. Setelah menghasilkan buah, barulah pohon pisang tersebut siap untuk mati. Dan sebelum mati dia akan menumbuhkan tunas-tunas baru sebagai penerusnya.

Sebelumnya pohon pisang tersebut daun-daunnya menguning sehingga ibuku menebangnya untuk diambil daunnya, karena dinggapnya pohon itu akan mati.
Tetapi setelah beberapa hari pohon pisang yang sudah ditebang itupun memunculkan jantung/bunganya berkembang sehingga menghasilkan buah pisang, walaupun buahnya lebih kecil dari ukuran normal. Satu bukti bahwapohon pisang memiliki semangat hidup yang besar dalam mencapai tujuan hidupnya. Hal itu patut dicontoh bagi kita manusia janganlah mudah putus asa, seburuk apapun yang terjadi pada diri kita, kita masih memiliki potensi untuk dapat berguna bagi manusia lainnya atau mencapai tujuan hidup yang hakiki sebagaimana fitrah kita sebagai manusia.
Pohon pisang memang multimanfaat. Mulai dari buahnya, buah pisang (musa sapientum L) memiliki kandungan zat gula/karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. salah satu multimanfaat buah pisang ini antara lain menjadi sumber tenaga yang baik bagi tubuh kita. Selain itu, sangat aman dikonsumsi saat perut kosong atau oleh penderita tukak lambung. Bahkan unsur folat alami yang dikandung buah pisang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Buah berwarna kekuningan ini mengandung kadar zat besi yang tinggi sehingga sangat bagus bagi penderita anemia karena bisa menunjang proses terapi nutrisi. Bagi penderita sakit perut dan gangguan pencernaan buah pisang menjadi sahabat sangat baik untuk menghadapi sakit tersebut.
Pohon pisang memang multimanfaat. Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi manusia. Daun pisang pun yang kita anggap hanya sehelai daun untuk pembungkus ternyata memiliki manfaat yang cukup baik. Selain sering kita gunakan sebagai pembungkus makanan, daun pisang ternyata bisa digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar.
Caranya sebagai berikut:
1. Pilih daun pisang yang sudah kering, bakar daun pisang itu hingga menjadi abu,
2. Campurkan abu daun pisang dengan minyak kelapa.
3. Oleskan campuran tersebut pada kulit yang terbakar itu.
Efeknya mampu mendinginkan kulit yang terbakar sekaligus membuka pembentukan sel kulit baru.
Satu lagi manfaat dari pohon pisang yaitu dari getahnya yang cukup ampuh sebagai obat luka, terutama luka akibat senjata tajam. Selain bisa menghentikan pendarahan, getah pohon pisang dapat mempercepat proses merapatnya bagian yang terkena luka. Dulu sebelum masyarakat mengenal obat merah getah pohon pisah dipakai sebagai obat utama luka-luka. (sumber:gizi.net)
Nah Tuhan memang Maha Kuasa dan Maha Bijaksana, dari hal sekecil apapun mengandung manfaat yang luar biasa. Maka tidak sia-sialah Tuhan menciptakan segalanya, karena kita manusia berkewajiban mengelola semua karunia yang diberikan Tuhan.
Macam Keindahan Pohon

0 komentar: